Rabu, 02 Maret 2016

Tujuh Syarat Energi Terbarukan Agar Sukses

Kehadiran energi terbarukan diharapkan mampu menjadi energi alternatif bagi Indonesia dalam jangka panjang. Mengingat permintaan energi nasional tumbuh lebih tinggi dibanding permintaan energi global. Menurut International Energy Agency (IEA), pertumbuhan energi global dalam satu dekade ini mencapai 1,4 persen. Bisa dibandingkan dengan pertumbuhan permintaan energi nasional pertahunnya yang mencapai  3 hingga 4 persen.

Untuk itu, ada tujuh hal yang perlu diperhatikan pemerintah agar energi terbarukan dapat digunakan oleh masyarakat. Ketujuh hal tersebut adalah penetapan harga jual listrik sesuai tingkat keekonomian, pemberian subsidi, pemberian insentif, kemudahan perizinan, penataan lahan untuk kepentingan energi, tata kelola pemerintah yang terjaga dan bersih, serta penegakan hukum yang adil.

Ketujuh hal ini merupakan syarat yang harus segera dipenuhi pemerintah dari berbagai sektor. Hal itu demi menekan biaya penggunaan energi terbarukan yang saat ini masih tergolong mahal. Setelah pemerintah mampu memenuhi ketujuh syarat ini, diharapkan energi terbarukan dapat dinikmati dan dijangkau oleh semua kalangan.


Sumber: http://economy.okezone.com/read/2015/11/25/320/1255785/tujuh-syarat-energi-baru-terbarukan-untuk-sukses


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar