Kamis, 10 Maret 2016

Komitmen PGN di Bawah Kepemimpinan Hendi Prio Santoso

Sejak Hendi Prio Santoso menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang baru, PGN terus melakukan berbagai inovasi. Hendi yang sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan di PGN dipilih oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) berdasarkan hasil penilaian prestasi kerja yang terbilang cukup bagus.

Di bawah kepemimpinan Hendi, PGN berkomitmen memperluas jaringan sambungan gas rumah tangga. Langkah-langkah yang sudah dijalankan oleh PGN di antaranya adalah dengan melakukan pengembangan jaringan gas yang sumber pendanaannya baik dana investasi, modal, atau kebutuhan lainnya berasal dari PGN sendiri. Hingga saat ini, sudah tercatat lebih dari 100 ribu sambungan rumah tangga menggunakan gas PGN. Wilayah tersebut antara lain di Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain itu, Hendi juga berusaha membangun infrastruktur ke seluruh wilayah dengan membuat seperti jalur atau jalan bagi gas dari ujung Sumatera sampai Bali menggunakan pipa. Ia juga bekerja sama dengan Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta saat itu, dalam menangani masalah bahan bakar gas Bus TransJakarta. Hal tersebut tentunya meningkatkan jumlah penjualan dan pendapatan PGN dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 5,93 Triliun pada tahun 2011. Jumlah tersebut jauh lebih baik dibanding dengan kepemimpinan sebelumnya.

Selain di bidang infrastruktur, komitmen Hendi adalah tidak mentolelir segala bentuk korupsi di perusahaan yang dipimpinnya.  Melalui penguatan nilai-nilai dan budaya perusahaan, Hendi berusaha PGN bebas korupsi. Menurut sumber GeoEnergi, Hendi dinilai paling bersih bahkan cocok menjadi dirut Pertamina. Hal ini sejalan dengan roadmap pemberantasan kotupsi 2012-2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dimana sector pangan, energi, dan pajak menjadi prioritasnya.


Sumber: http://hendipriosantoso.info/
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/06/10415047/Hendi.Prio.Santoso.Harus.Berani.Ambil.Risiko
http://bagaskaraputrawardana.blogspot.co.id/2015/05/kepemimpinan.html
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/609814-siasat-pgn-berantas-korupsi-dan-percaloan

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar