Kamis, 10 Maret 2016

Mengenal Sosok Hendi Priyo Santoso, Dirut PGN yang Baru

Siapa yang tidak mengenal HendiPriyo Santoso? Pria kelahiran Jakarta, 5 Februari 1967 ini ditunjuk oleh Kementerian BUMN menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang baru menggantikan Sutikno. Alumnus BBA Keuangan dan Ekonomi Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat, ini menjadi Direktur Utama PT PGN sejak 13 Juni 2008. Sebelumnya, Hendi pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan sejak 31 Mei 2007.

Pengangkatan Hendi ini berdasarkan hasil penilaian prestasi kerja yang terbilang cukup bagus. Pada tahun 2011, ia berhasil membawa PT PGN dengan kinerja bagus dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 5,93 triliun. Hendi bahkan telah banyak melakukan terobosan, salah satunya membangun infrastruktur ke seluruh wilayah dengan membuat seperti jalur atau jalan bagi gas dari ujung Sumatera sampai Bali lewat pipa.

Bersama Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta saat itu, ia pernah berkerja sama dalam menangani masalah bahan bakar gas Bus TransJakarta. Perusaan BUMN yang dipimpinnya itu saat ini tengah fokus membangun infrastruktur gas bagi sektor transportasi, industri, maupun pembangkit listrik (independent power plant).

Menurut Hendi, ada kiat-kiat yang dibutuhkan sebelum membangun perusahaan. Pertama, visi jangka panjang disertai disiplin yang tinggi; kedua, berani mengambil resiko. Kiat yang pertama dibutuhkan untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan sekarang untuk kepentingan pengembangan jangka panjang. Pemanfaatan teknologi harus terus dikembangkan agar lebih efisien dan lebih murah. Sedangkan kiat yang kedua dibutuhkan karena tidak ada yang menjamin pasokan gas dari produsen  sesuai dengan kontrak.


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/news/2008/06/13/056125342/hendi-prio-santoso-direktur-utama-pgn-yang-baru
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/08/06/10415047/Hendi.Prio.Santoso.Harus.Berani.Ambil.Risiko
http://www.jakartasatu.com/2014/08/hendi-prio-santoso-dirut-pgn-dinilai-paling-bersih-cocok-jadi-dirut-pertamina/
http://bagaskaraputrawardana.blogspot.co.id/


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar