Jumat, 04 Maret 2016

Fakta Menarik Thorium

Apakah Thorium?

Thorium adalah unsur dengan no atom 90 yang memiliki sifat radioaktif yang dapat dipakai sebagai bahan reaktor nuklir. Thorium bukanlah inti fisile, jadi untuk dapat menggunakan thorium haruslah memakai uranium. Akan tetapi ini hanya awal untuk memicu reaksi, setelah itu thorium yang disebut inti fertile (subur) dapat membelah dan menghasilkan uranium 233 atau dapat dilakukan penembakan dengan neutron sehingga thorium bisa membelah.

Tahukah Anda?
1. Unsur thorium ditemukan pada tahun 1828 dan namanya diambil dari kata Thor, nama Dewa Petir bangsa Viking atau Norseman.
2. Jumlah thorium di kulit bumi lebih banyak sekitar 3 sampai 4 kali lipat dibanding uranium dan berpotensi menjadi energi alternatif masa depan.
3. Dalam pemanfaatan energi alternatif Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), kandungan thorium dinilai lebih aman dan ramah lingkungan dibanding uranium.
4. Limbah yang dihasilkan dari thorium 90% lebih sedikit dibanding uranium.
5. Di Indonesia, thorium dapat ditemukan di Bangka Belitung. Menurut BATAN, ada sekitar 121.500 ton cadangan thorium berpotensi menghasilkan energi listrik sebanyak 90 persen.

Walaupun cadangan thorium di Indonesia cukup melimpah namun pemanfaatannya masih sangat jauh. Tak hanya itu, hingga saat ini belum ada satupun negara yang memanfaatkan thorium sebagai energi alternatif jangka panjang. Meski begitu, thorium memiliki nilai yang lebih positif dibandingkan uranium. 

Sumber: 
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/batan/16/02/04/o20w3p219-thorium-indonesia-berpotensi-hasilkan-90-persen-energi-listrik
http://www.thoriumpowerindonesia.com/teknologi/sekilas-thorium
http://www.kompasiana.com/bob911/thorium-sebuah-revolusi-energi_559fe2a56023bdfa088b4567


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar