Kamis, 03 Maret 2016

Melirik Potensi Sampah Sebagai Energi Terbarukan

Setiap tahunnya, jumlah sampah di dunia semakin meningkat. Begitu pula di Indonesia, permasalahan sampah menjadi masalah yang belum terselesaikan dengan baik hingga saat ini.  Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah per tahunnya. Potensi sampah yang begitu besar ini seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan.

Dalam hal ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) didorong tidak hanya fokus menciptakan energi terbarukan dari geotermal atau sumber lainnya saja, tetapi Kementerian ESDM diminta juga melirik potensi sampah menjadi energi terbarukan.

Direktur Pengolahan Sampah Kementerian LHK, Sudirman, menegaskan ESDM jangan hanya fokus yang itu-itu saja. Tetapi cobalah mengembangkan 64 ton sampah se Indonesia. Bayangkan, 1000 tonnya mampu menghasilkan 16 MW listrik.

Sudirman mendorong Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menggelontorkan subsidi kepada sejumlah daerah yang peduli terhadap penuntasan masalah sampah. Ia mengambil contoh cukup memilih 5 kota untuk fokus dalam program pengolahan sampah. Menurutnya, ESDM harus mulai memikirkan hal ini, memprioritaskan pemanfaatan sampah menjadi energi terbarukan. Potensi sampah ini akan berkelanjutan jika sumber energi lainnya habis.


Sumber: http://economy.okezone.com/read/2015/12/14/320/1267209/64-juta-ton-sampah-bakal-disulap-jadi-energi-terbarukan



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar